Insane
Home
Aqiqoh serta qurban yakni amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Keduanya memiliki kemiripan, yaitu sama-sama menyembelih kambing.

Daging Akikah Dibagikan Mentah, Apakah Boleh?

Walaupun sebagai bentuk penebusan atas kelahiran seorang anak, aqiqah sebenarnya termasuk pesta resepsi. Setiap orang yang datang diajak senang menyambut kehadiran buah hati dari tuan rumah.

Sehingga, daging aqiqah senantiasa dibagikan dalam kondisi telah dimasak. Langka kita temui aqiqoh yang membagikan daging dalam keadaan mentah.

Tapi, apakah membagikan daging akikah mentahan tak dibiarkan?

Dikutip dari konsultasi syariah, inti akikah ialah menyembelih binatang. Ini sebagai ungkapan syukur atas kelahiran seorang bayi. Simak juga bermacam info tentang jasa aiqqah jakarta selatan.

Namun, ulama berbeda pandangan apakah patut kambing. Sebagian ulama memperkenankan aqiqoh dengan sapi atau unta.

Sementara berkaitan pembagian, ketetapan tersebut tak dibatasi dalam aturan syariat. Artinya, syariat memberikan kebebasan apakah daging dibagikan telah dimasak ataupun masih mentah.

Ibnu Qudamah dalam kitab Al Mughni memberikan penjelasan sebagai berikut.

"Yakni cara aqiqoh seperti metode mengkonsumsinya, menghadiahkannya atau mensedekahkanya sama sebagaimana tata cara udhiyah (berqurban)… dan ini yang disuarakan As Syafi'i (pendiri Mazhab Syafi'i)."

Syeikh Ibnu Baz dalam kitab Majmu Fatawa Ibnu Baz membeberkan akikah yang disuarakan cocok syariat merupakan seperti yang diajar Rasulullah Muhammad SAW. Dapat menyembelih binatang di hari ketujuh kelahiran buah hati.

Jenisnya dua ekor kambing untuk laki-laki serta satu ekor kambing untuk perempuan.

"Dan shahibul aqiqoh boleh memilih membaginya dalam wujud daging (mentah) terhadap para kerabat, kawan atau orang miskin. Hanya juga ia masak, kemudian mengundang kerabat, tetangga, atau orang miskin yang ia inginkan."

Inti dari aqiqoh adalah menyembelih binatang ternak (kambing) sebagai format rasa syukur untuk kelahiran si kecil.

ulama berbeda pendapat mengenai tipe binatang yang boleh untuk aqiqoh, apakah kambing saja ataukah boleh menyembalih sapi serta onta.

Mengenai metode pembagiannya, syariat memberikan kebebasan. Sehingga boleh juga dibagi dalam kondisi mentah. Sebagaimana yang berlaku dalam kurban.

Ini bisa kita jadikan solusi untuk mereka yang mau aqiqoh sementara dananya terbatas. Selagi cukup untuk beli kambing, aqiqoh dapat diselenggarakan. Kemudian dibagikan mentahan.
Back to posts
This post has no comments - be the first one!

UNDER MAINTENANCE